Konstruksi Melintang Pada Kapal
Konstruksi Kapal pada Midship Section kapal terdapat beberapa elemen yaitu sebagai berikut :
1. Wrang Kapal
Konstruksi Kapal pada Midship Section kapal yang pertama yaitu wrang kapal Merupakan bagiankonstruksi kapal yang menggunakan konstruksi alas ganda (double bottom) berupa pelat yang melintang sepanjang lebar kapal. Ada tiga jenis wrang kapal yaitu wrang pelat (solid floor), wrang terbuka (open floor), dan water tight floor. Wrang sangat berguna dalam menambah kekuatan melintang kapal.
2. Lubang Manusia (Man Hole kapal)
Man hole kapal Merupakan
elemen konstruksi kapal yang banyak dijumpai pada jenis wrang pelat (solid floor). Pemasangan man hole atau lubang manusia pada alas ganda berguna untuk tempat jalannya pekerja pada waktu pengelasan dan pemeriksaan alas kapal. Bentuk man hole adalah bulat atau lonjong dan dibuat secukupnya agar orang bisa masuk dan keluar lewat man hole kapal.
elemen konstruksi kapal yang banyak dijumpai pada jenis wrang pelat (solid floor). Pemasangan man hole atau lubang manusia pada alas ganda berguna untuk tempat jalannya pekerja pada waktu pengelasan dan pemeriksaan alas kapal. Bentuk man hole adalah bulat atau lonjong dan dibuat secukupnya agar orang bisa masuk dan keluar lewat man hole kapal.
3. Lubang Pembebasan kapal
Merupakan elemen konstruksi kapal yang banyak dijumpai pada kapal yamg memiliki konstruksi alas ganda dan jenis wrang terbuka. Lubang pembebasan yang berbentuk lingkaran berfungsi sebagai peringan pada konstruksi dasar ganda.
4. Penumpu Utama kapal
Merupakan pelat penumpu utama kapal yang
terletak vertikal pada bagian tengah konstruksi alas. Berfungsi agar di
dalam ruang dasar ganda dapat dilaksanakan pekerjaan pada pembuatan,
reparasi kapal, ketika kapal kandas pada dasar perairan dan terjadi pada
pelat kulit, dasar sedapat mungkin dihindarkan dari kerusakan.
5. Penumpu Samping kapal
Bentuknya
vertikal merupakan pelat penumpu yang terletak dikiri dan kanan center
girder (penumpu tengah) dimana bersama-sama center girder menambah
kekuatan memanjang kapal dan ikut mengambil bagian pada lengkungan
kapal.
a. Gading Besar kapal
Membentuk
profil T, merupakan penegar-penegar sebagai penguat pelat lambung. Web
frame berfungsi sebagai penerus gaya-gaya atau beban yang diterima oleh
pelat sisi untuk disalurkan ke konstruksi dasar, terutama pada sistem
rangka konstruksi melintang.
b. Gading Utama kapal
Berbentuk profil L, sebagai penguat pelat lambung sisi kapal dalam arah melintang.
c. Gading Alas kapal
Merupakan
kelanjutan dari gading utama, maka profilnya adalah profil L, dipasang
pada pelat alas. Jadi gading alas berfungsi untuk menumpu beban yang
diterima pelat alas.
d. Gading Balik kapal
Merupakan
kelanjutan dari gading-gading utama. Bentuk profilnya adalah profil L,
gading balik diletakkan pada pelat alas dalam (inner bottom). Gading
balik berfungsi untuk menumpu beban yang bekerja pada alas dalam.
e. Balok Geladak
Balok geladak dipasang pada tiap jarak gading-gading. Ada dua cara pemasangan balok geladak:
§ Arah melintang
Pemasangan balok geladak arah melintang berfungsi agar:
a. Gading-gading
dapat lebih berfungsi sebagai penguat melintang dari gading-gading
sehingga tidak melengkung ke arah dalam atau ke arah luar akibat adanya
tekanan air atau gaya-gaya lain yang bekerja pada sisi kapal.
b. Menahan
geladak sebanyak mungkin beserta muatan diatasnya, dalam hal ini balok
geladak harus cukup teger agar tidak melentur ke bawah.
§ Arah Memanjang
Pemasangan balok geladak secara memanjang berfungsi untuk:
a. Penguatan memanjang, sehingga kekakuan seluruh strukturkapal bertambah.
b. Menyangga geladak sebanyak mungkin serta muatan diatasnya, sehingga balok geladak memiliki ketegaran yang cukup.
6. Penumpu Geladak kapal
Berbentuk profil T, terletak pada pelat geladak dan berfungsi untuk menumpu geladak.
7. Bracket kapal
Bracket kapal yaitu Konstruksi Kapal pada Midship Section kapal Merupakan
pelat siku yang berfungsi sebagai penguat sambungan antara dua elemen
konstruksi, misalnya digunakan pada sambungan antara balok geladak
dengan gading besar (web Frame) atau dengan gading utama(main Frame).
8. Pelat Kulit kapal
Terletak pada bagian terluar kapal yang membungkus gading-gading dimana berfungsi sebagai:
a. Melindungi ruangan-ruangan kapal dari air laut.
b. Menahan tekanan air laut yang tegak lurus lambung kapal
c. Menahan gaya-gaya lengkungan dan puntiran yang timbul dalam pelayaran
d. Menahan
beban-beban setepat, antara lain : pada waktu peluncuran kapal,
benturan-benturan dengan kapal lain, dan pukulan ombak di haluan kapal.
9. Lunas kapal
Lunas kapal ialah
balok memanjang di dasar kapal yang terletak pada bidang memanjang
kapal, antara linggi haluan dan linggi buritan sepanjang kapal. Lunas
merupakan bagian konstruksi terpenting pada suatu kapal, bersama-sama
dengan lunas dalam pelat antar lunas.
10. Lunas Bilga kapal
Lunas bilga kapal adalah bagian konstruksi kapal pada section midship kapal yang bebentuk sirip yang dipasang pada bilga kapal yang dipasang memanjang pada daerah bilga kapal, sepanjang
seperdua sampai duapertiga panjang kapal. Berfungsi sebagai “anti
rolling device” (alat untuk mengurangi keolengan kapal).
11. Kubu-kubu kapal
Kubu-kubu kapal merupakan
pagar pada tepi kapal yang berfungsi menjaga keselamatan penumpang dan
awak kapal serta melindungi barang-barang diatas geladak agar tidak
jatuh ke dalam laut pada saat kapal mengalami oleng.
12. Geladak kapal
Geladak kapal disamping
berfungsi untuk kekedapan kapal juga melindungi barang- barang muatan
dan ruangan tempat tinggal anak buah kapal serta penumpang,
selanjutnya geladak kapal juga berfungsi menambahkekuatan memanjang kapal.
13. Ambang Palka kapal
Ambang palka kapal adalah lubang pada geladak kapal yang berfungsi sebagai tempat masuk keluarnya muatan ke ruang muat dan juga berfungsi menjamin kelancaran bongkar muat.
14. Penutup Palka kapal
Penutup palka kapal adalah kayu atau metal ringan atau baja sebagai penutup mulut palka.
1xBet korean - legalbet.co.kr
BalasHapusOnline gambling is officially legal in Vietnam but it's also prohibited in Singapore. 1xBet is a gambling operator owned 1xbet сайт by the owner of the gambling site 2.